Monday, 12 May 2014

2 Cara Mengganti Icon Blogger

"2 Cara mengganti icon Blogger"

     Ketika anda sedang melakukan browsing dan menjelajahi website-website di internet pastinya anda sering melihat yang namanya Icon ini. Icon adalah gambar berbentuk persegi dengan ukuran kecil yang biasanya berada di atas bagian address bar dari browser anda. Letak tepatnya berada di bagian sebelah kiri title blog. Untuk contohnya anda bisa lihat Icon pada blog ini, saya sudah menggantinya dari Icon standar milik blogger menjadi Icon buatan saya sendiri.

Untuk menggantinya pun terbilang mudah, mari kita lihat beberapa langkahnya di bawah ini !


Cara Mengganti Icon Blogger :

Cara Pertama :

   Siapkan gambar pengganti untuk menjadi Icon Blog anda. Usahakan agar gambar berbentuk persegi dengan ukuran misal 50px X 50px.
   Setelah itu login dengan menggunakan akun blogger anda lalu buka menu TATA LETAK.

    Lihat pada bagian kiri atas. Ada widget yang bernama FAVICON. Silakan klik EDIT


   Setelah di klik, maka akan mucnul sebuah pop up seperti gambar di bawah ini. Silakan klik tombol PILIH FILE dan cari gambar ikon yang sudah anda siapkan tadi. Setelah anda mendapatkannya, klik tombol SIMPAN dan tunggu prosesnya. (Perlu diingat, hanya gambar berbentuk persegi yang bisa dijadikan sebagai icon.)


    Sekarang tunggu sekitar 1 jam, tidak bisa secara langsung karena proses pergantian memakan waktu cukup lama oleh Blogger..

Cara Kedua : 

   Jika widget Favicon tidak tersedia di template anda, atau jika cara di atas tidak berfungsi ?
Jangan khawatir, saya masih punya cara kedua yang bisa anda coba.

    Masih di dashboard blogger, silakan menuju menu TEMPLATE dan pilih EDIT HTML

   Cari kode </head> dengan menggunakan CTRL + F. Setelah itu letakan kode di bawah ini tepat DI ATAS kode </head>

    <link href='URL GAMBAR' rel ='SHORTCUT ICON'/>

    Kemudian simpan template anda dan lihat hasilnya. ( URL GAMBAR silakan diganti dengan link gambar yang anda inginkan). Rasanya kedua cara tersebut sangat mudah dan tidak begitu sulit. Jika anda mengalami masalah, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah.

   Baiklah, saya rasa artikel kali ini mengenai 2 Cara Mengganti Icon Blogger cukup sampai disini. Semoga bermanfaat dan Selamat menoba !!!

"Terima Kasih"

0 comments:

Post a Comment