Tuesday, 6 May 2014

Cara agar tidak mudah dihack

"Cara Agar Tidak Mudah Dihack"

   Pasti anda kesal bila akun jejaring sosial tiba-tiba tidak bisa log in atau masuk. Apalagi kita baru saja mendapat kabar bahwa rekan bisnis anda telah mengirim berita penting melalui email. Anda sudah berulang-ulang kali log in atau masuk tetapi tetap saja tidak bisa masuk, ujung-ujungnya email kita diblokir dan tidak bisa digunakan lagi.

   Nah, sekarang saya akan share,cara untuk menghidari email kita dari hacker, ada baiknya kita lebih hati-hati dan waspada dengan berbagai cara hacker mengambil data diri kita, kemudian menggunakan data-data tersebut untuk hal-hal yang negatif.
  

Oleh karena itu berikut ini saya akan memberikan Tips mencegah email di hack :

  1.    Ganti password anda secara berkala dan jangan memberitahukan kepada siapapun password tersebut.
  2.    Jangan membuka link yang diposting oleh orang yang tidak dikenal. Kalau mau membuka link dari browser sebaiknya settingan auto browsernya dimatikan dulu java scriptny
  3.    Jangan menjawab email dari Bank, institusi finansial yang mengatakan "akun bank anda di hack dan anda perlu merubah password".
  4.    Email berisi link tersebut akan merujuk ke website dengan domain mirip seperti domain bank.Email tersebut sebenarnya dari hacker dan wajib dihapus.
  5.    Jangan menggunakan windows email dan outlook email yang selalu membuka email HTML dengan preview.
  6.    Hati-hati dengan kiriman email dengan script tertentu yang dapat mendownload keylog ke komputer anda.
  7.    Jangan menggunakan password software yang memberikan password random/master password untuk membuka semua akses. Software ini biasanya menyimpan data-data tersebut di dalam komputer kita yang kebanyakan hanya di encrypt dan sangat gampang sekali di hack. 
  8.    Buka satu akun di komputer/gadget anda sendiri, dan jangan di sharing ke siapapun.
  9.    Sebaiknya jangan menggunakan 1 password untuk semua email/akun. Karena kalau satu email di hack bisa jadi seluruh email di hack.
  10.    Jangan menggunakan email kantor untuk akses ke akun sosial media karena kalau di hack maka email kantor tersebut tidak bisa diakses lagi dan datanya digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
  11.    Setelah membuka email jangan lupa untuk sign out, apalagi membuka emailnya di komputer umum seperti warnet atau tempat kerja yang bisa digunakan oleh siapa saja.

   Salah satu cara hacker menembus account kita adalah dengan cara menebak password. Hacker menggunakan script yang memasukkan puluhan password tiap detik untuk mencoba masuk kedalam account kita.

Cara hacker menebak passwood antara lain :

  1.    Brute force attack, yaitu dengan mencoba semua kombinasi, mulai dari aaa sampai zzz, sampai beberapa karakter.
  2.    Dictioary attack, yaitu dengan menebak menggunakan kata-kata dalam kamus, dan dikombinasikan dengan angka-angka atau karakter.
  3.    Personal information attack, yaitu dengan cara memasukkan data-data pribadi seperti nomor telepon, tanggal lahir, nama pacar,kode pos, dan sebagainya.

Password yang sangat lemah akan sangat mudah dibobol hacker dalam waktu yang lebih cepat, misalnya :
  • - Menggunakan semua huruf kecil.
  • - Menggunakan kombinasi kata dan angka, misalnya budi13, selubung98.
  • - Mengganti huruf dengan karakter, misalnya c@haya



Bagaimana cara membuat password yang kuat dan sulit ditembus oleh hacker??

  1.    Merupakan kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, nomor, dan karakter.
  2.    Panjang lebih darei 10 karakter.
  3.    Tidak menyertakan kata-kata dalam kamus.

Password yang kuat harus mudah di ingat oleh pemiliknya.
Contoh password yg kuat : 1Mau$500Ribu

Cara mengingatnya :
- 1 = kata "saya" terjemah bahasa inggris (I)
- Mau = mau
- $ = uang
- 500Ribu = 500ribu
Dan masih banyak lagi yang lainya serupa seperti diatas.

Beberapa Tips :

  1.    Jangan menggunakan password yang sama untuk berbagai macam layanan, misalnya password email anda sama password friendster, jika sama pasti mudah dibobol.
  2.    Jangan meng-klik link di email yang menyatakan anda harus memverifikasikan password anda. karena bisa jadi email ini dikirim oleh hacker.
  3.    Jangan memasukkan password disitus selain yang memberikan layanan.
  4.    Sebelum login ke email tau yang lain, pastikan URL dibrower anda benar. misalnya mail.yahoo.com bukan mail.yahoo-ltd.com dll.
  5.    Untuk rekening online seperti e-gold, paypal, sebaiknya anda tidak mengetik password anda lewat keyboard, gunakan on screen keyboard atau copy paste (copas).

Oke, Sekian postingan dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua...

"Terima Kasih"

0 comments:

Post a Comment