Wednesday, 7 May 2014

Cara membersihkan Virus dengan CMD

    "Cara membersihkan virus dengan CMD command prompt"


   CMD adalah kependekan dari Command Prompt. Salah satu manfaat dari CMD adalah membantu user komputer dalam mengantisipasi dan melindungi komputer yang salah satunya adalah melalui media flashdisk.
   Berikut cara membersihkan Virus atau malware yang ada diflasdisk sebelum menular ke sistem komputer kita:

   Buka CMD dengan mengetik CMD pada kotak run windows:


   Setelah terbuka program cmd sekarang ketikkan lokasi flasdisk kita. misalkan flasdisk berada di partisi G:, maka ketikkan G: kemudian tekan enter :


   Kita sekarang berada di lokasi flasdisk G:, ketikkan dir tekan enter maka di situ terdapat file dan folder yang berada di direktori/partisi flasdisk.

   Kemudian jika di situ terdapat virus maka ada file bernama autorun.inf virus beserta file virus yang kebanyakan berekstensi .exe, atau ink(Virus copy shorcut), di situ juga ada folder recycler virus.

   Supaya kita dapat menghapus dan membersihkan virus sebelumnya kita harus mengubah attribut hidden menjadi unhidden. Karena kita tidak akan dapat mengeksekusi virus jika file-file virus tersebut pada keadaan hidden/tersembunyi.

   Caranya adalah ketikkan attrib –r –s –h /s /d maka file-file dan folder, subfolder yang tersembunyi akan dimunculkan.


   Kini saatnya kita dapat membersihkan virus-virus tersebut dengan mengetikkan misalkan del autorun.inf tekan enter, untuk folder kita dapat menggunakan contohnya RD recycler /s atau dengan RMDIR recycler /s.

Untuk file virus induknya misalkan dengan mengetikkan del nama virus.exe tekan enter.


   Wah ternyata mudah ya membersihkan virus melalui CMD. Selamat buat anda.Cukup sekian artikel saya yang singkat ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua....

"Terima Kasih"

0 comments:

Post a Comment