Wednesday, 14 May 2014

Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang sering Terputus

"Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Sering Terputus"


    Banyak hal yang menyebabkan kecepatan internet menjadi turun dan melambat seperti yang saya sebutkan di atas disebabkan maksimal kecepatan internet yang kita beli misalnya 256 Kb/s tentu tidak akan berubah menjadi 512Kb/s secara normal, apalagi pengaruh cuaca, kualitas sinyal menjadi menurun dan juga jauhnya jarak perangkat ke BTS, dan masih banyak yang lainnya.

   Bagi sobat yang biasa menggunakan koneksi internet dengan modem usb ataupun modem ponsel sara rasa tidak jarang mengalami koneksi "Idle" atau diam, dimana koneksi masih terhubung namun saat melakukan browsing tidak jalan / tidak ada respon dari server sehingga situs yang dituju tidak bisa diakses. Ini biasanya terjadi ketika kita tidak melakukan aktivitas internet dalam beberapa saat.

   Dengan kejadian di atas tidak jarang juga kita akan disconnect modem lalu konek kembali ke internet. Setelah itu baru lancar lagi berinternatan seperti biasanya. Ini sah sah saja namun tentu tidak efektif karena kita hanya buang-buang waktu untuk putus nyambung modem saja.Sebenarnya untuk menstabilkannya mudah yaitu melakukan permintaan atau mengirim paket data terus menerus ke server misalnya membuka web, namun ini tidak mungkin kita lakukan karena kita manusia biasa pasti ada jeda tertentu ketika kita sedang internetan.

   Lalu bagaimana caranya agar internet tetap terhubung dan terus melakukan kirim dan minta paket data tersebut?. Ya kita gunakan cara ping di PC. Kenapa harus ping?. Baca Selengkapnya di Pengertian dan Fungsi Ping. Ping merupakan sebuah program/perintah untuk menguji sebuah konektivitas jaringan dengan cara mengirim paket data ke server yang dituju dan melihat respon serta data yang dikirm kembali. Kualitasnya kita bisa lihat dari paket yang lost (hilang). Semakin kecil semakin baik.

   Mengingat cara kerja ping untuk menguji konektivitas internet dengan cara mengirim paket data terus menerus bisa kita menfaatkan untuk mempertahankan koneksi internet agar berjalan stabil. Dengan begitu walaupun kita tidak melakukan aktivitas internet, namun koneksi akan tetap berjalan. Dan pastinya tidak terjadi Idle lagi.

   Untuk melakukan ping kita harus membuka Command Prompt (CMD) di pc dengan cara :
     
  1.    Silahkan tekan di keyboard WIn + R.
  2.    Ketikkan CMD, lalu enter.
  3.    Setelah terbuka silahkan ketik :

Ping www.namasitus.com misalnya nama situs google. maka ketikkan ping www.google.com -t



    4.   Jika hanya ingin menguji koneksi saja. ketikkan saja ping www.google.com, tanpa -t. Perintah -t berfungsi untuk menjalankan ping secara terus menerus.
    5.   Situs yang ingin di ping terserah sobat saja. Sobat bisa ping situs yang sedang dikunjungi atau saya sarankan situs yang memiliki koneksi yang srabil seperti google, yahoo, dsb.

   Silahkan gunakan langkah 1-3 pada laptop sobat setiap kali beraktivitas di dunia maya. Dengan begitu koneksi sobat akan lebih stabil dari biasanya, kerena akan tetap konek walaupun sedang idle. Sekian dulu penyampaian saya yang begitu panjang ini :) . Semoga dengan artikel Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung ini bisa membantu sobat. Terima kasih


   Dan adapun bisa dilakukan dengan 2 cara lain seperti dibawah ini :


 Cara Mempercepat Koneksi Internet melalui  CMD seperti dibawah ini :

  1.     Buka CMD dengan cara klik start-run dan ketikan CMD baca disini jika belum tau caranya membuka CMD
  2.     Jika sudah membuka CMD ketikan  perintah ipconfig /all pada layar CMD
  3.     Cari DNS Servers, bila perlu catat. misal DNS servers-nya 8.8.8.8 maka buatlah perintah di cmd
  4.     Ping -l 50000 8.8.8.8 -t
  5.     Jika sudah melaukkan langkah diatas .Biarkan saja CMD berjalan dan jangna di close cukup anda minimimze


   Atau dengan Cara ini :

  1.    Buka CMD sebagai administrator ( Comand prompt )
  2.    Setelah terbuka ganti alamatnya ke drive "C:\" , caranya ketik " cd C/ " lalu Enter.
  3.    Sekarang ketik perintah berikut netsh interface tcp set global autotuning=disabled.

    Silahkan gunakan langkah-langkah pada laptop sobat setiap kali beraktivitas di dunia maya. Dengan begitu koneksi sobat akan lebih stabil dari biasanya, kerena akan tetap konek walaupun sedang idle.
   Sekian dulu penyampaian saya yang begitu panjang ini :) . Semoga dengan artikel Cara Menstabilkan Koneksi Internet yang Putus Nyambung ini bisa membantu sobat....

"Terima Kasih"

1 comments:

Post a Comment