Thursday, 15 May 2014

Cara Upload Video Di Youtube

"Cara Upload Video Di Youtube"


   Youtube merupakan situs berbagi video yang terbesar dan terpopuler di dunia saat ini. Bahkan pengunjung web Youtube bisa mencapai hingga 1 Milyar orang setiap bulanya. Youtube juga termasuk 10 besar situs terbaik didunia berdasarkan penilaian versi alexa.

   Untuk dapat mengupload video ke Youtube, disyaratkan memiliki sebuah akun google mail (Gmail), jika belum memiliki, buatlah terlebih dahulu akun gmail.

   Setelah membuat akun gmail, maka login ke akun gmail, perlu diketahui bahwa Gmail merupakan milik perusahaan search engine tersbesar, Google. Dan kini google telah menggandeng youtube, sehingga setelah anda login ke akun gmail, maka secara otomatis anda terdaftar pada akun youtube. Sehingga dengan begitu juga anda dapat login ke akun youtube dengan mengunakan alamat gmail.

   Setelah anda masuk ke situs youtube, Klik tombol yang bertuliskan Upload, tombol upload berada di bagian atas halaman web, dan terlihat sangat jelas.

   Jika anda pengguna baru akun youtube maka setelah itu muncul suatu pop-up maka klik lanjutkan. Pada halaman Upload video ini (seperti gambar di bawah). Klik pada “Pilih file untuk diupload”. Maka akan muncul explore folder pada windows, lalu pilih file yang anda ingin upload pada komputer anda.


   Setelah itu muncul tampilan yang berisi beberapa kolom saya akan menjelaskan tentang masing-masing fungsi dari kolom tesebut.

 Disana (pada bagian paling atas) terdapat sebuah grafik yang berfungsi untuk mengetahui progress dari Proses Upload file video, yang ditunjukan dalam satuan persen %.


   Pada kolom Tittle atau judul, isi dengan judul dari video yang anda upload ini, buat judul sebaik dan semenarik mungkin, karena judul ini nantinya akan muncul pada kolom pencarian video youtube.

   Pada kolom Description atau deskripsi, Isi dengan deskripsi penjelasan dari video yang anda upload ini. Deskripsi ini nantinya akan menjadi pembantu untuk memudahkan orang lain memahami inti dari isi video yang anda unggah.

   Pada kolom Tag, maksudnya dari tag (penanda) adalah kata kunci dari video yang anda upload. Isi dengan beberapa kata yang berhubungan dengan video anda. Misalnya anda mengupload video tentang cara memasak nasi goreng dengan cepat dan enak. Maka anda dapat mengunakan tag kata kunci seperti nasi goreng, memasak, enak, dan sebagainya. Cari kata kunci yang paling pas dengan ini video yang anda upload.

    Pada kolom Privasi, anda dapat memilih video yang anda upload dibagikan ke publik atau anda gunakan secara pribadi. Jika dibagikan ke publik maka para pengguna youtube di seluruh dunia dapat melihat video yang anda unggah.

   Setelah itu Tunggu proses upload video ke youtube hingga selesai, proses lamanya waktu mengupload video youtube tergantung dari ukuran file video tersebut serta kecepatan jaringan internet anda. Perlu untuk diketahui bahwa youtube membuat ketentuan bahwa video yang diupload dibatasi durasinya maksimal 15 menit

   Setelah proses upload selesai hingga 100%, maka setelah itu youtube akan memberikan kepada anda link dari video tersebut. Sehingga anda dapat langsung mengunjungi halaman video yang anda upload tersebut dan melihatnya.

   Mengupload video ke youtube terbilang cukup mudah dan sederhana, dan untuk menjadi anggota youtube juga gratis. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan youtube memberikan beberapa kebijakan dan syarat seperti :

"video yang anda upload bukanlah video milik orang lain yang memiliki hak cipta"

   Juga isi video yang anda upload bukanlah sesatu yang dapat menyinggung pihak atau kelompok lain, mengandung kekerasan, kebencian, konten porno dan yang sejenisnya.

Sekian artikel saya tentang bagaimana cara upload video di youtube ini bisa bermanfaat untuk kita semua....

"Terima Kasih"

0 comments:

Post a Comment