Saturday, 17 May 2014

Pertolongan Pada Komputer Yang Di-Hack

"Pertolongan Pada Komputer yang Di-Hack"


    Mendengar kata hacker sudah cukup membuat mereka yang bergelut di dunia online was-was. Semakin populer seseorang, semakin banyak hacker yang mengawasi. Inilah yang melandasi instansi dan orang-orang terkenal melindungi diri mereka dengan pengamanan ekstra. Sebenarnya ilmu hijacking bisa dipakai untuk hal-hal baik, namun banyak orang memakai ilmu ini untuk kejahatan sehingga mencoreng citra hacker itu sendiri. Mungkin pernah anda mendengar sebuah situs populer diretas oleh hacker untuk alasan tertentu, baik untuk muatan politik atau mencuri data pribadi.

   Surfing di internet memang menyenangkan. Namun saat anda mengakses internet, itu berarti komputer anda telah go publik dan bisa diamati oleh siapa saja. Itu bisa menjadi celah masuk bagi para hacker ke dalam sistem komputer anda. Oleh sebab itu, harap berhati-hati saat ingin memakai internet. Silakan ikuti tips-tips tentang cara memakai internet yang aman dan nyaman. Jika komputer anda sudah telanjur di-hack, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

   Pertolongan pertama pada komputer yang di-hack adalah mencari tahu informasi penting yang tersimpan di dalam komputer. Data pribadi dan keuangan harus menjadi perhatian utama anda. Banyak hacker yang menjebol sebuah sistem karena mereka ingin mendapatkan keuntungan berupa uang. Jika anda sering bertransaksi secara online, periksa kembali apakah ada transaksi mencurigakan terjadi selama beberapa hari terakhir.

   Jika ada transfer yang tidak pernah anda lakukan, silakan tanyakan kepada instansi dimana anda menyimpan uang. Misalnya, anda melihat rekening paypal berkurang, maka segera hubungi pihak paypal untuk mengusut hal ini. Lakukan hal yang sama pada informasi penting lain seperti email karena hacker seringkali memakai email untuk mencuri data pribadi seseorang. Segera lakukan deep scanning pada komputer dengan antivirus berkualitas untuk mengetahui apakah ada aplikasi mencurigakan terpasang di dalam komputer. Berikutnya pindahkan semua data penting ke flash disk atau memori eksternal. Hacker hanya bisa memantau aktivitas anda saat komputer terhubung dengan internet. Jika anda merasa komputer anda telah diretas, maka sesegera mungkin matikan koneksi internet. Dengan begini, ia tidak lagi memiliki akses penuh terhadap komputer anda.

 Simolation Hacker


   Jika anda masih khawatir, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan orang yang tahu banyak tentang komputer. Biarkan ia memeriksa komputer secara menyeluruh apakah ada aplikasi berbahaya seperti keylogger tertanam di dalamnya. Jika masih kurang aman, anda bisa menginstal ulang sistem komputer. Jika ingin mengambil langkah ini, silakan backup semua data penting, termasuk file-file tersembunyi. Setelah instalasi selesai, pasang anvitirus berkualitas dan biarkan aplikasinya tetap aktif di background.

   Antivirus bisa menjadi perlindungan pertama terhadap infeksi virus dan malware. Hacker bisa masuk ke dalam sistem dengan berbagai cara. Selain memasukkan aplikasi pengintai ke dalam komputer tanpa ijin, mereka juga bisa membuat email phising yang berfungsi untuk menangkap informasi penting dari para korban. Itu tadi pertolongan pertama pada komputer yang di-hack.

   Nah, sekian Dulu artikel dari saya semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita saat berada didunia Cyber..

"Terima Kasih"

1 comments:

Post a Comment