Saturday, 24 May 2014

Struktur Dasar Belajar HTML

"Struktur Dasar Belajar HTML"


   Setiap halaman website atau dokumen HTML yang baik pada umumnya memiliki struktur tertentu. Secara umum dokumen HTML memiliki struktur yang dibagi menjadi 3 yaitu :

  •     HTML
  •     HEAD
  •     BODY

   Secara struktur HTML akan terdiri dari dua bagian utama yaitu HEAD dan BODY. Memang dianalogikan seperti manusia yang memiliki kepala dan badan.

Untuk lebih jelasnya saya ilustrasi kan berikut ini :


   Setiap dokumen HTML diawali dengan tag pembuka <html> dan diakhiri tag penutup </html>. Kemudian di dalam HTML terdiri dari dua bagian seperti dijelaskan diatas yaitu HEAD dan BODY. Bagian HEAD diawali dengan tag pembuka <head> dan diakhiri dengan tag penutup <head>. Bagian BODY diawali dengan tag pembuka <body> dan diakhiri tag penutup </body>.

   Bagian HEAD atau kita sebut header biasanya mengantung tag-tag seperti tag TITLE, META dan lain-lain. Tag TITLE digunakan untuk menampilkan judul halaman HTML pada title di browser. Tag META digunakan untuk mengisikan informasi seperti author, keyword dan lain-lain. Bagian BODY merupakan bagian yang digunakan untuk menampilkan isi dokumen/halaman HTML. Isi yang ditampilkan informasi yang dapat berupa teks, gambar, link dan lain sebagainya.

   Jadi untuk pemula atau yang baru belajar HTML, kita akan lebih banyak belajar pada bagian BODY seperti tag-tag untuk heading, paragraf, tabel, link, images, form, list dan lain sebagainya.

Sekian Artikel dari saya semoga bisa membantu anda untuk memudahkan belajar kedepannya...

"Terima Kasih"

0 comments:

Post a Comment