Friday, 23 May 2014

Top 10 Hewan Purba Terbesar di Dunia

"Top 10 Hewan Purba Terbesar di Dunia"

   Mungkin kita hanya mengetahui bahwa Hewan gajah adalah hewan yang paling besar untuk saat ini. Namun tahukah anda, jauh sebelum tahun purbakala lalu hiduplah hewan-hewan yang memiliki anatomi tubuh yang super besar. Hewan Monster Raksasa yang memiliki ukuran tidak biasa jika di bandingkan dengan hewan-hewan lainnya yang hidup di jaman sekarang. Namun berjalannya waktu hingga sampai kepunahanlah yang terjadi terhadap hewan-hewan monster tersebut. Berikut ini adalah 10 hewan terbesar di dunia yang pernah hidup di masa purbakala.

1.       Argentinosaurus sebagai hewan darat terbesar sepanjang masa

   Argentinosaurus dinobatkan sebagai hewan darat terbesar sepanjang masa. Memiliki panjang sekitar 45 meter dengan berat lebih dari 95 Ton, atau sama dengan 10 kali berat gajah afrika. Hewan ini hidup pada masa Creaseous atau sekitar 100 tahun yang lalu. hidup berkoloni adalah adalah cara hidup dari hewan raksasa ini.


 2.       Ornithocheirus sebagai hewan terbang terbesar

  Argentinosaurus adalah hewan darat terbesar, lain pula dengan hewan satu ini, Ornithocheirus sebagai hewan terbang terbesar di dunia. Satu-satunya hewan terbesar yang dapat terbang di dunia. mempunyai bentang sayap di kedua ujungnya sepanjang 18 meter. Hewan pemakan ikan ini mempunyai anatomi tubuh yang berongga sehingga memungkinkan hewan ini dapat terbang. Meskipun Ornithocheirus ini tergolong raksasa, namun seringkali hewan ini masuk kedalam rantai makanan hewan lainnya seperti Deinosuchus atau Sarchosucus.


 3.       Giganotosaurus sebagai predator terbesar sepanjang masa

   Giganotosaurus dinobatkan sebagai predator terbesar yang pernah hidup di bumi. Postur tubuhnya yang menyerupai t-rex hanya saja lebih pendek sekitar 9 meter. Hewan monster ini hidup secara berkoloni dan memangsa hewan seperti Argentinosaurus dewasa


 4.       Liopleurodon sebagai predator laut terbesar sepanjang masa

   Liopleurodon sebagai Predator yang hidup di laut terbesar didunia. Mempunyai rahang yang kuat dengan komposisi gigi tajamnya sepanjang 30 cm, hewan Liopleurodon ini mempunyai panjang maksimal sebesar 25 meter. Hewan yang pernah hidup sekitar 140 tahun yang lalu ini mempunyai Makanan favorite seperti Paus dan berbagai hewan berdaging lainnya.


5.       Megalodon

   Diketahui sebagai nenek moyang dari Hiu. Megalodon sebagai Hiu purbakala tubuh yang sangat besar. Ukuran untuk Megalodon dewasa dapat mencapai 18 meter, makanan favoritnya biasanya adalah ikan paus dan hewan berdaging lainnya di lautan.


6.       Sarcosuchus sebagai predator amphibi terbesar

   Sarcosuchus yang masih dekat dengan keluarga buaya ini masuk kedalam hewan untuk predator amphibi terbesar yang pernah ada. Ukuran panjang untuk Sarcosuchus dewasa yang hampir mencapai 50 dengan total berat yang mencapai 8-10 ton ini.


7.       Deinosuchus

   Deinosuchus dinobatkan sebagai nenek moyang dari keluarga Buaya. mempunyai rahang yang begitu kuat dengan panjang gigi yang mencapai 10 cm, rahang yang kuat dengan kekuatan gigitan rahangnya dapat mencapai 10.000 pon atau setara dengan 2 kali lipat gigitan rahang singa. Ukuran panjang untuk Deinosuchus dewasa dapat mencapai 45 kaki dengan berat total mencapai 12 ton. Walaupun ukuran yang sangat besar namun hewan Deicosuchus ini dapat melakukan loncatan yang tinggi .


 8.       Blue Whale

   Blue whale atau dapat disebut sebagai paus biru, masuk kedalam hewan terbesar dunia yang pernah ada, dengan panjang mencapai 100 kaki dengan berat tubuh mencapai 50 ton. Postur tubuhnya yang besar tidaklah sebesar makanannya, mengapa karena Blue While ini hanya memakan plankton dan organisme kecil di lautan


9.       Meganeuropsis Permiana sebagai serangga terbesar di dunia

   Fosil dari Meganeuropsis Permiana ini ditemukan pertama kali oleh Elmo pada tahun 1973. Fosil yang ditemukannya ini menunjukan bahwa Meganeuropsis Permiana adalah serangga terbesar yang pernah ada di bumi. Hewan yang diperkirakan pernah hidup sekitar 300 juta tahun yang lalu ini memiliki panjang sekitar 43 cm dengan bentang sayap mencapai 70 cm. dengan berat sebesar 0,5 kg.  


 10.   Titanoboa sebagai ular terbesar di dunia

   Titanoboa sebagai Genus ular terbesar di dunia. hidup sekitar 60-58 tahun yang lalu. Titanoboa ini mempunyai panjang sekitar 15 meter dengan diameter sebesar 1 meter.


   Demikianlah 10 hewan  purba terbesar di dunia yang pernah hidup di bumi kita. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan jangan lupa simak artikel-artikel kami yang lain, hewan terlangka di dunia.

"Terima Kasih"

0 comments:

Post a Comment