Wisata Pantai Prigi Dan Pelelangan Ikan

"Wisata Pantai Prigi Dan Pelelangan Ikan"

Pantai Prigi


   Pantai Prigi merupakan objek wisata andalan di Kabupaten Trenggalek. Pantai ini terletak di kawasan Desa Tasimadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Lokasi tersebut berjarak sekitar 48 kilometer di selatan dari jantung kota Trenggalek. Sekitar 4 kilometer di sepanjang pantai ini terlihat nyiur melambai. Di seberang teluk, terdapat sebuah bukit yang menghalang laju ombak.

  Pantai berpasir putih kecoklatan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur atau akhir pekan. Terdapat beberapa fasilitas di pantai ini seperti penginapan, rumah makan, warung, cafe, bumi perkemahan, sarana olahraga, playground, dan lain-lain.

   Rata-rata pantai yang terletak di selatan pulau Jawa memiliki ombak yang cukup tinggi, namun tidak demikian dengan pantai Prigi ini, ombak yang datang dari laut dihadang oleh beberapa pegunungan yang berada di kanan kiri pantai sehingga ombaknya relatif kecil.

Pantai Pasir Putih Prigi


    Selain berenang dan bermain air dan pasir di pantai, pengunjung bisa mengarungi ombak pantai dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan harga sekitar 100 ribu ruiah per perahu, atau kalau dihitung per kepala 10 ribu/orang. Untuk tiket masuk ke kawasan pantai Prigi ini sendiri sebesar Rp 6.000/orang.

   Selain menawarkan wisata alam pantainya yang indah, di pantai Prigi ini pengunjung bisa berburu ikan laut segar di tempat pelelangan ikan yang berada tak jauh dari pantai. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang ada di Pantai Prigi, merupakan sentra perekonomian warga setempat. Selain bertumpu dari hasil pengelolaan tempat wisata pantai, mereka juga mencari penghasilan sebagai nelayan.

Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan Pantai Prigi


   Setiap pagi, setelah para nelayan pulang melaut, dan melabuhkan kapalnya saat fajar menjelang, mereka langsung menggelar ikan-ikan segar tangkapannya di tempat pelelangan ikan tersebut.

   Hampir separuh kawasan pantai berpasir cokelat ini dijadikan sebagai lahan PPN. Separuh lagi dibiarkan natural atau alami. Setiap waktu, kita dapat menjumpai puluhan perahu cadik dan perahu nelayan tradisional bersandar di pelabuhan. Sebagian kapal lain tiba dari tengah samudera atau menuju lautan luas. Saat malam tiba, dan tidak sedang bulan purnama, hampir semua nelayan turun melaut.

    Pelancong dapat menjumpai kesibukan nelayan yang memperbaiki jala. Wisatawan juga bisa menikmati perajin kapal tradisional yang gesit dan terampil merangkai batang - batang kayu menjadi kapal. Sebuah pemandangan yang sayang bila dilewatkan.

   Untuk mencapai Pantai Prigi tidaklah sulit. Sobat yang menempuh perjalanan dari Trenggalek, langsung ambil jalan arah ke selatan setelah di pertigaan Durenan. Sekitar 10 km dari pertigaan Durenan, ada pertigaan Bandung, sebuah kecamatan yang masih masuk wilayah Kabupaten Tulungagung. Sesampai di pertigaan ini, perjalanan dilanjutkan mengambil arah barat. Setelah itu, perjalanan ke arah Prigi tidak lagi menjumpai percabangan jalan utama. Pelancong berkendaraan pribadi tinggal mengikuti jalan utama yang ada.

   Bagi pengguna jasa angkutan umum, perjalanan dari Surabaya bisa dilakukan dengan menumpang bus umum tujuan Trenggalek. Turun di Terminal Durenan. Setelah itu, sobat tinggal memilih berbagai angkutan pedesaan menuju Prigi...

Nah, sekian artikel dari saya semoga bisa bermanfaat...

"Terima Kasih"