10 Cara Meningkatkan Traffic Blog

"10 Cara Meningkatkan Traffic Blog"

   Hallo sobat Blogger, Kali ini saya akan mempostingkan atikel tentang "10 Cara meningkatkan traffic blog" Trafik merupakan hal yang penting bagi blogger. Bahkan banyak orang yang beranggapan bahwa trafik adalah nyawa dari sebuah blog. Trafik juga merupakan salah satu tolak ukur populer atau tidaknya suatu blog. Blog atau website yang tidak memiliki trafik tentu akan membuat penulisnya lama-lama capai karena merasa tidak mendapat apresiasi dari pengguna internet.

Tapi bagaimana cara meningkatkan trafik blog?


   Banyak sekali tips dan trik untuk meningkatkan trafik blog yang tersebar di internet, kita hanya perlu memilih tips mana yang tepat buat blog kita. Sudah banyak pakar SEO yang membagikan ilmunya tentang bagaimana cara meningkatkan kunjungan ke blog kita.

   Jadi, kita sudah sepakat kalau trafik itu hal yang sangat penting bagi sebuah blog atau website. Nah sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara meningkatkan traffic blog atau website, terutama untuk blog yang masih baru alias unyu-unyu.

10 Cara meningkatkan traffic blog

1.   Rutin update artikel

   Semakin rutin anda menulis artikel, maka semakin besar kemungkinan anda untuk meningkatkan traffic blog anda. Blog yang sering di-update akan membuat Google Bot rutin berkunjung dan men-crawl halaman blog anda. Selain itu, makin banyaknya tulisan juga semakin memperbanyak keyword yang akhirnya akan berimbas pada meningkatnya trafik blog atau website.

Nah, bila teknik Optimasi SEO anda kurang berjalan lancar, anda masih bisa mendapatkan banyak kunjungan ke blog anda dengan cara berikut.

2.   Manfaatkan social media

   Saat ini siapa sih yang tidak kenal social media? Hampir semua orang memiliki akun Facebook dan Twitter. Sebagai blogger anda juga harus memiliki akun di dua jejaring terbesar di dunia tersebut. Facebook memiliki lebih dari 1 milyar pengguna, bila ada 0,000001 saja dari pengguna Facebook yang mengunjungi blog anda. Twitter juga saat ini sedang booming, anda harus memanfaatkan Twitter untuk mendapatkan banyak trafik dan usahakan tweet anda mendapatkan banyak retweet agar makin banyak orang yang akan berkunjung ke blog anda.

3.   Aktif di forum

   Forum online merupakan tempat dimana mayorias orang berkumpul dan berbagi info serta berita terbaru. Nah bila anda ingin meningkatkan kunjungan ke blog anda secara drastis, usahakan anda juga ikut berpartisipasi dalam forum online. Di Indonesia forum online terbaik untuk share artikel adalah Kaskus, Indowebster, dan Kompas Forum.

4.   Blogwalking

   Cara ini sebenarnya terbilang kuno dan jadul tapi tetap sangat signifikan untuk membantu blog anda mendapatkan banyak trafik. Alasan blogwalking masih sering dilakukan oleh para blogger ialah dapat meningkatkan tali silaturahmi diantara para blogger, juga dapat meningkatkan trafik blog atau website. Biasanya blogger yang blognya dikunjungi akan balas berkunjung. Nah kunjungan balasan inilah yang akan meningkatkan traffic blog / website kita.

5.   Daftarkan blog anda ke search engine

   Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk menjaring banyak visitor ke blog anda adalah dengan submit blog ke berbagai search engine yang ada. Tujuan mensubmit blog ke search engine adalah agar artikel yang ada di blog kita dapat terindeks oleh search engine. Dengan submit ke search engine berarti kita telah memasukkan blog kita di direktori search engine tersebut. Beberapa search engine yang terpopuler adalah Google, Bing dan Yahoo!

6.   Guest blogging

   Guest blogging adalah kegiatan diaman anda menulis postingan di blog orang lain. Atau bisa juga orang lain yang menulis di blog anda. Metode ini cukup populer di kalangan blogger karena dapat meningkatkan trafik website secara drastis. Bila anda menulis di blog orang lain yang cukup populer, pembaca setia blog tersebut akan mengunjungi blog anda. Sebab mereka akan penasaran dengan siapa sosok di balik tulisan tersebut dan untuk membuktikan apa yang anda tuliskan.

7.   Kecepatan loading blog

   Kecepatan loading blog cukup krusial untuk meningkatkan trafik blog. Sebab blog yang loadingnya lama memperbesar kemungkinan orang untuk meng-close halaman yang tidak kunjung selesai loadingnya. Jadi usahakan blog anda loadingnya cepat. Saya pun terus berusaha untuk memeprcepat loading blog OlPreneur.com ini.

8.   Komentar di blog orang lain

   Berkomentar di blog orang lain dapat meningkatkan trafik blog kita terlebih bila kita berkomentar di blog yang populer dan komentar kita termasuk komentar yang berbobot. Maka banyak dari pengunjung blog tersebut akan berkunjung ke blog kita untuk membuktikan apa yang sudah kita komentari.

9.   Blog dofollow

   Khusus untuk tips yang ini, saya tidak menyarankan anda merubah blog anda menjadi blog dofollow untuk eningkatkan trafik blog. Seperti yang telah jamak diketahui, blog dofollow tidak disukai Google, sebab blog tersebut menyebabkan banyak sekali link keluar sehingga membuat inbound link dan outbound link tidak seimbang. Tapi imbas lain, blog dofollow memiliki trafik yang tinggi karena dicari-cari oleh blogger lain yang ingin mendapat backlink.

10.   Optimasi SEO

   Setelah anda membuat artikel yang menarik, hal selanjutnya yang anda harus lakukan adalah optimasi SEO. Optimasi SEO sangat penting dilakukan untuk meningkatkan traffic blog atau website. Artikel yang bagus dan menarik bila tidak muncul di halaman pertama Google akan sulit ditemukan orang lain. Tulisan yang bagus tapi tidak dioptimasi SEO-nya dengan baik akan kalah oleh artikel biasa-biasa saja namun optimasi SEOnya bagus. Jadi lakukan yang terbaik untuk optimasi SEO blog anda.

   Nah, Demikian tadi artikel dari saya tentang "10 Cara Meningkatkan Traffic Blog" Semoga bisa membantu dan bisa bermanfaat untuk kita semua...

"Terima Kasih"