Iklan

5 Daftar Situs Belajar HTML Dan CSS

"5 Daftar Situs Belajar HTML Dan CSS"


   HTML intinya adalah elemen/struktur web, dan CSS adalah "penghias" serta penyusun layout hingga sebuah halaman web memiliki interface yang unik dan indah. Jika anda adalah blogger pemula, baik dalam konteks baru saja membangun blog, atau bagi anda yang mulai risih dengan berbagai kode-kode yang belum dimengerti padahal harus berurusan dengan utak-atik template.

   Inilah saatnya anda mulai menyadari bahwa coding merupakan syarat penting yang harus anda kuasai agar mampu mengutak-atik desain blog sesuai yang diinginkan; sekurang-kurangnya anda wajib memahami apa itu dasar HTML dan CSS dan bagaimana keduanya bekerja dalam membentuk tampilan sebuah halaman web. Berikut adalah beberapa website pilihan saya, yang juga biasa saya gunakan sebagai sumber belajar sekaligus test kode.

    Tutorialnya tersusun dengan baik, dari dasar hingga advanced, bahkan sebagian besar memiliki interface interaktif dimana anda bisa langsung melakukan latihan dan ujicoba kode tanpa harus menggunakan software belajar apapun. Fokus kita kali ini adalah HTML dan CSS untuk pemula, namun tidak menutup kemungkinan terdapat tutorial lain, misalnya HTML5, Javascript, PHP, ASP, ASPX, PERL, dan sebagainya, bagi anda yang sudah begitu akrab dengan HTML dan CSS dan ingin mengembangkan yang lainnya. Semua tertulis dalam bahasa Inggris, namun menurut saya cukup mudah untuk diikuti dan dipahami.

1.   W3 SCHOOLS (www.w3schools.com)


   Siapa yang belum pernah dengar tentang situs ini? Bisa dibilang sebagai situs terbesar dengan informasi, penjelasan, dan tutorial paling detil mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan desain dan pengembangan web. Dalam hal HTML dan CSS, tentu saja ini adalah salah satu resource yang bisa diandalkan. Belum lagi berbagai interface interaktif-nya (Try it Yourself Editor) yang bisa kita gunakan untuk latihan dari tingkat paling dasar hingga advanced. Terdapat pula berbagai informasi dan tutorial javascript, HTML 5, bahasa pemrograman yang berkaitan dengan server (PHP, SQL, ASP, dll), ASP.NET, XML, dll.

2.   Code Academy (www.codeacademy.com)


   Ini adalah situs yang paling sering saya kunjungi, terutama dalam belajar dan bertukar pikiran soal pengembangan web (khususnya PHP, API, dan Ruby). Yang paling saya sukai adalah fitur interaktifnya dimana anda bisa langsung mempelajari sekaligus mempraktekkan berbagai level pembelajar HTML dan CSS dengan tahap yang jelas, terstruktur, dan dengan tutorial yang mudah diikuti. Jika anda ingin langsung melihat bagaimana pembelajaran basic-nya, langsung tuju navigasi di footer, dan klik HTML/CSS. Anda juga bisa mengawali pembelajaran dengan mengagumi bagaimana kode-kode bekerja dengan mengisi kolom interaktif di halaman depan. Bagi web developer dan pengagum coding, ini surga buat anda!

3.   HTML.net (www.HTML.net)


   Jika anda lebih menyukai "penuturan" untuk memahami dan mencerna materi HTML dan CSS, sekaligus ingin memahami esensi halaman website serta berbagai elemen dan tag-nya, maka situs ini bisa menjadi sumber yang tepat. Plus, anda bisa menggunakan Google Translate dengan mudah jika anda kesulitan dalam memahami bahasa Inggris (hehe). Semua konten memiliki struktur dan sistematika yang jelas, dari A sampai Z, jadi cukup membantu proses pemahaman secara bertahap. Terdapat pula berbagai tutorial lain seperti HTML5, PHP, ASP, dan Javascript.

4.   HTML Dog (www.htmldog.com)


 Masih sama dengan model website di atas, situs ini juga menyediakan berbagai tutorial HTML dan CSS. Yang agak berbeda adalah konten dibagi berdasarkan jenis elemen/tag (heading, title, list, link, tabel, form, dan lain sebagainya), sehingga anda bisa masuk ke bagian tertentu secara langsung. Terdapat pula tutorial javascript dasar dimana anda juga bisa berkenalan dengan bahasa javascript.

5.   CSS Easy (www.csseasy.com)


   Mungkin bagi anda yang pertama kali masuk website ini akan kebingungan dan menganggap remeh. Ya, situs ini hanya berbicara bagaimana CSS digunakan untuk menyusun layout dasar. Tapi jangan salah, dengan memahami bagaimana layout dasar sebuah halaman web, maka anda sudah masuk ke gerbang awal desain template blog/web, dan memahami bagaimana CSS digunakan sebagai penyusun layout.

   Terdapat dua jenis layout yang variatif untuk dipelajari, yang pertama berupa fixed layout dan yang kedua berupa fluid layout (yang kemudian bisa digunakan untuk menyusun dasar template responsive juga). Cara yang digunakan untuk mempelajari cukup unik, klik salah satu contoh layout, lalu klik kanan dan pilih "open page source" atau "view source" untuk melihat kode-kode CSS di dalamnya. Simpan halaman tersebut untuk bisa diutak-atik sesuai keinginan.

   Sekian dulu artikel dari saya tentang "5 Daftar Situs Belajar HTML Dan CSS" sekedar informasi menambah pengetahuan kita dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua...

"Terima Kasih"

Komentar